PENGANTAR BISNIS
PERSEPSI BISNIS DIKALANGAN MAHASISWA
DISUSUN OLEH:
MUTIARA GUSTI PANGESTIKA
25216191
BISNIS KONVENSIONAL DAN
BISNIS ONLINE PADA MAHASISWA
BISNIS KONVENSIONAL
Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan
secara konvensional maupun online.
Bisnis konvensional adalah suatu kegiatan bisnis yang
banyak dilakukan atau ditemukan disekitar kita. Modal utama dalam bisnis
konvensional yaitu dapat memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan (perbankan
atau koperasi). Modal bisa juga diperoleh dengan cara join dengan rekan bisnis,
bisa juga modal diperoleh dari non lembaga keuangan.
Setelah mendapatkan modal, kita bisa mencari tenaga kerja yang
akan membantu kita untuk membuat produk yang akan dibisniskan, lalu mencari
bahan-bahan yang diperlukan serta alat-alat pembuatannya. Tidak lupa mencari
tempat untuk proses pembuatannya bisa dirumah sendiri, tetapi tidak perlu
tempat yang terlalu besar asalkan tempat tersebut bersih dan aman. Contoh usaha
bisnis yaitu dalam produk makanan ringan seperti keripik singkong. Tujuan kita membuat
keripik singkong dengan pertimbangan dan harapan banyak diterima dan disukai
semua kalangan dengan rasa yang terjamin enak, bersih, sehat terutama harga
terjaukau.
Pemasaran dapat dilakukan
dengan cara menitipkan di warung-warung sekitar rumah, kantin sekolah, kampus,
berdagang keliling, atau tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun. Agar
konsumen tertarik membeli produk ini, kita mengganti kemasan pada umumnya
plastik menjadi paperbag.
Proses transaksi penjualan keripik singkong kemasan yang
dititipkan pada tempat tersebut diatas, dilakukan dengan cara menerima uang
hasil penjualan setelah produk singkong tersebut laku terjual. Namun pada
bisnis konvensional ini tidak terlalu diminati oleh sejumlah mahasiswa, karena
bisnis konvensional ini memakan banyak waktu terutama dalam melakukan
penjualannya.
Ø Keuntungan dari bisnis konvensional (keripik singkong) :
ð Bahan baku mudah dicari.
ð Pembuatan tidak membutuhkan waktu
lama.
ð Tenaga kerja mudah dicari.
ð Dalam proses produksi, mudah dalam
pengawasannya.
ð Mutu dan rasa terjamin.
ð Harga terjangkau.
Ø Kerugian dari bisnis konvensional (keripik singkong) :
ð Modal susah dicari.
ð Jika barang dagangan tidak habis,
produk tersebut dikembalikan.
ð Kemasan gampang rusak jika
menggunakan paperbag.
ð Waktu yang tidak efisien untuk
menunggu produk habis.
ð Cuaca sedikit mempengaruhi.
BISNIS ONLINE
Bisnis online adalah bisnis yang paling banyak
diminati dikalangan semua lapisan masyarakat terumata dikalangan mahasiswa karena
dengan bisnis online mahasiswa tidak perlu menjajakan barang yang dijual tetapi
hanya dengan mengandalkan teknologi yang canggih, internet memadai dan media
sosial, dengan ini mahasiswa pun bisa menjual barang tersebut dengan mudahnya serta
masyarakat bisa melihat barang tersebut yang akan dijual dimedia sosial. Sama
hal nya dengan bisnis kovensional, modal dapat mencari pinjaman dari lembaga
keuangan, join dengan rekan bisnis, maupun dari non lembaga keuangan.
Dalam bisnis online ini kita juga memerlukan tenaga kerja untuk
proses pembuatan produk yang akan kita jual. Kita mencari tenaga kerja yang
pandai mendesign model produk, meskipun kita sendiri juga bisa mendesign. Cepat
kerjanya, tetapi hasil akhir terjamin kualitasnya. Pengembangan usaha dalam
proses produksi dilakukan dengan cara menambah sarana dan prasarana serta
tenaga produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi, seperti penambahan aset
berupa peralatan misalnya mesin untuk membuat produk tersebut.
Pada judul ini saya akan membahas tentang bisnis online
dikalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa berbisnis dengan cara online. Mengapa
demikian? Karena menurut mahasiswa bisnis online banyak menghasilkan
keuntungan, karena kita tidak perlu capek menjajakan produk tersebut dengan
menitipkan ditoko-toko. Bisnis online itu mudah, yaitu misalkan kita membuat
produk tas dengan bantuan para tenaga kerja setelah produk tersebut jadi, siap
pakai dan siap jual, kita tinggal memfoto barang tersebut kemudian mengupload
disemua media sosial. Dengan itu semua orang bisa melihat produk-produk yang akan
dijual.
Oleh karena itu, kita diharuskan memiliki alat komunikasi
canggih (handphone) yang dapat menunjang kelancaran dari bisnis online
tersebut, dimana pelaku bisnis tersebut harus memiliki respon sive yang bila
menerima orderan dari seluruh customer. Proses transaksi dapat dilakukan dengan
cara customer mentransfer ke no.rekening pemilik usaha bisnis online tersebut.
Setelah proses pentransferan selesai dan bukti pembayaran ditunjukan kepada
online shop tersebut, barang yang customer pesan, akan langsung dikirim ke
alamat yang dituju. Contoh bisnis online yang paling diminati semua kalangan
terutama mahasiswa adalah: bisnis tas, kerudung, baju, sepatu, makanan ringan
serta makanan fastfood.
Ø KEUNTUNGAN BERBISNIS ONLINE:
ð Informasi dari bisnis online dapat
diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan syarat memiliki aplikasi tersebut.
ð Tidak harus menitipkan produksi pada
toko-toko.
ð Tidak harus memiliki tempat khusus
(etalase) dalam menjajakan produksi.
ð Waktu sangat efisien sekali.
ð Tidak perlu menjajakan barang
keberbagai tempat.
Ø KERUGIAN BERBISNIS ONLINE:
ð Calon pembeli bisa melakukan
pembatalan order secara sepihak.
ð Adanya ketidak cocokan atau kemiripin
barang yang dipromosikan dengan barang sebenarnya.
ð Masih ada atau diperlukan pihak
ketiga yang berfungsi sebagai pengirim barang ke konsumen.
ð Penyedia jasa masih banyak mengalami
keterlambatan dalam pengirimin barang ke konsumen.
Ø MANFAAT BERBISNIS PADA KALANGAN MAHASISWA:
ð Melatih diri dengan memanfaatkan
peluang.
ð Berfikir kreatif dan inovatif.
ð Sabar dan bertanggung jawab.
ð Melatih diri berkomunikasi.
ð Membentuk pengaruh diri.
ð Melatih diri berkompetisi.
ð Akses profesional.
Ø STRATEGI BERBISNIS:
Strategi yang selama ini diterapkan dalam usaha bisnis:
ð Mempertahankan kualitas yang sudah
ada dan meningkatkan kembali kualitas serta pelayanan kepada pelanggan.
ð Biaya gaji dioptimalkan sesuai hasil
produksi.
ð Pengembangan mesin pembuat tas maupun
peralatan pendukung.
ð Tetap melakukan promosi walaupun
bisnis sudah berjalan.
ð Memanfaatkan
kelemahan pesaing sebagai kelebihan bisnis kita.
ð Menciptakan
inovasi baru.
Ø CIRI-CIRI BERBISNIS:
ð Percaya diri.
ð Berorientasikan tugas dan hasil.
ð Pengambil resiko.
ð Kepemimpinan.
ð Berorientasikan ke masa depan.
ð Jujur dan tekun.
Ø KARAKTERISTIK BERBISNIS:
ð Tanggungjawab.
ð Resiko.
ð Percaya.
ð Umpan Balik.
ð Prioritas ke Masa Depan.
ð Semangat Kerja.
ð Prestasi.
ð Ketrampilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar