Sabtu, 29 Oktober 2016

PENGANTAR BISNIS ~ PERSEPSI BISNIS DIKALANGAN MAHASISWA


PENGANTAR BISNIS

PERSEPSI BISNIS DIKALANGAN MAHASISWA




DISUSUN OLEH:

MUTIARA GUSTI PANGESTIKA

25216191









BISNIS KONVENSIONAL DAN BISNIS ONLINE PADA MAHASISWA





BISNIS KONVENSIONAL

Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan secara konvensional maupun online.
Bisnis konvensional adalah suatu kegiatan bisnis yang banyak dilakukan atau ditemukan disekitar kita. Modal utama dalam bisnis konvensional yaitu dapat memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan (perbankan atau koperasi). Modal bisa juga diperoleh dengan cara join dengan rekan bisnis, bisa juga modal diperoleh dari non lembaga keuangan.
Setelah mendapatkan modal, kita bisa mencari tenaga kerja yang akan membantu kita untuk membuat produk yang akan dibisniskan, lalu mencari bahan-bahan yang diperlukan serta alat-alat pembuatannya. Tidak lupa mencari tempat untuk proses pembuatannya bisa dirumah sendiri, tetapi tidak perlu tempat yang terlalu besar asalkan tempat tersebut bersih dan aman. Contoh usaha bisnis yaitu dalam produk makanan ringan seperti keripik singkong. Tujuan kita membuat keripik singkong dengan pertimbangan dan harapan banyak diterima dan disukai semua kalangan dengan rasa yang terjamin enak, bersih, sehat terutama harga terjaukau.
 Pemasaran dapat dilakukan dengan cara menitipkan di warung-warung sekitar rumah, kantin sekolah, kampus, berdagang keliling, atau tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun. Agar konsumen tertarik membeli produk ini, kita mengganti kemasan pada umumnya plastik menjadi paperbag.
Proses transaksi penjualan keripik singkong kemasan yang dititipkan pada tempat tersebut diatas, dilakukan dengan cara menerima uang hasil penjualan setelah produk singkong tersebut laku terjual. Namun pada bisnis konvensional ini tidak terlalu diminati oleh sejumlah mahasiswa, karena bisnis konvensional ini memakan banyak waktu terutama dalam melakukan penjualannya.

Ø Keuntungan dari bisnis konvensional (keripik singkong) :
ð Bahan baku mudah dicari.
ð Pembuatan tidak membutuhkan waktu lama.
ð Tenaga kerja mudah dicari.
ð Dalam proses produksi, mudah dalam pengawasannya.
ð Mutu dan rasa terjamin.
ð Harga terjangkau.

Ø Kerugian dari bisnis konvensional (keripik singkong) :
ð Modal susah dicari.
ð Jika barang dagangan tidak habis, produk tersebut dikembalikan.
ð Kemasan gampang rusak jika menggunakan paperbag.
ð Waktu yang tidak efisien untuk menunggu produk habis.
ð Cuaca sedikit mempengaruhi.






BISNIS ONLINE

Bisnis online adalah bisnis yang paling banyak diminati dikalangan semua lapisan masyarakat terumata dikalangan mahasiswa karena dengan bisnis online mahasiswa tidak perlu menjajakan barang yang dijual tetapi hanya dengan mengandalkan teknologi yang canggih, internet memadai dan media sosial, dengan ini mahasiswa pun bisa menjual barang tersebut dengan mudahnya serta masyarakat bisa melihat barang tersebut yang akan dijual dimedia sosial. Sama hal nya dengan bisnis kovensional, modal dapat mencari pinjaman dari lembaga keuangan, join dengan rekan bisnis, maupun dari non lembaga keuangan.
Dalam bisnis online ini kita juga memerlukan tenaga kerja untuk proses pembuatan produk yang akan kita jual. Kita mencari tenaga kerja yang pandai mendesign model produk, meskipun kita sendiri juga bisa mendesign. Cepat kerjanya, tetapi hasil akhir terjamin kualitasnya. Pengembangan usaha dalam proses produksi dilakukan dengan cara menambah sarana dan prasarana serta tenaga produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi, seperti penambahan aset berupa peralatan misalnya mesin untuk membuat produk tersebut.
Pada judul ini saya akan membahas tentang bisnis online dikalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa berbisnis dengan cara online. Mengapa demikian? Karena menurut mahasiswa bisnis online banyak menghasilkan keuntungan, karena kita tidak perlu capek menjajakan produk tersebut dengan menitipkan ditoko-toko. Bisnis online itu mudah, yaitu misalkan kita membuat produk tas dengan bantuan para tenaga kerja setelah produk tersebut jadi, siap pakai dan siap jual, kita tinggal memfoto barang tersebut kemudian mengupload disemua media sosial. Dengan itu semua orang bisa melihat produk-produk yang akan dijual.
Oleh karena itu, kita diharuskan memiliki alat komunikasi canggih (handphone) yang dapat menunjang kelancaran dari bisnis online tersebut, dimana pelaku bisnis tersebut harus memiliki respon sive yang bila menerima orderan dari seluruh customer. Proses transaksi dapat dilakukan dengan cara customer mentransfer ke no.rekening pemilik usaha bisnis online tersebut. Setelah proses pentransferan selesai dan bukti pembayaran ditunjukan kepada online shop tersebut, barang yang customer pesan, akan langsung dikirim ke alamat yang dituju. Contoh bisnis online yang paling diminati semua kalangan terutama mahasiswa adalah: bisnis tas, kerudung, baju, sepatu, makanan ringan serta makanan fastfood.

Ø KEUNTUNGAN BERBISNIS ONLINE:
ð Informasi dari bisnis online dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan syarat memiliki aplikasi tersebut.
ð Tidak harus menitipkan produksi pada toko-toko.
ð Tidak harus memiliki tempat khusus (etalase) dalam menjajakan produksi.
ð Waktu sangat efisien sekali.
ð Tidak perlu menjajakan barang keberbagai tempat.
           
Ø KERUGIAN BERBISNIS ONLINE:
ð Calon pembeli bisa melakukan pembatalan order secara sepihak.
ð Adanya ketidak cocokan atau kemiripin barang yang dipromosikan dengan barang sebenarnya.
ð Masih ada atau diperlukan pihak ketiga yang berfungsi sebagai pengirim barang ke konsumen.
ð Penyedia jasa masih banyak mengalami keterlambatan dalam pengirimin barang ke konsumen.


Ø MANFAAT BERBISNIS PADA KALANGAN MAHASISWA:
ð Melatih diri dengan memanfaatkan peluang.
ð Berfikir kreatif dan inovatif.
ð Sabar dan bertanggung jawab.
ð Melatih diri berkomunikasi.
ð Membentuk pengaruh diri.
ð Melatih diri berkompetisi.
ð Akses profesional.


Ø STRATEGI BERBISNIS:
Strategi yang selama ini diterapkan dalam usaha bisnis:
ð Mempertahankan kualitas yang sudah ada dan meningkatkan kembali kualitas serta pelayanan kepada pelanggan.
ð Biaya gaji dioptimalkan sesuai hasil produksi.
ð Pengembangan mesin pembuat tas maupun peralatan pendukung.
ð Tetap melakukan promosi walaupun bisnis sudah berjalan.
ð Memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai kelebihan bisnis kita.
ð Menciptakan inovasi baru. 


Ø CIRI-CIRI BERBISNIS:
ð Percaya diri.
ð Berorientasikan tugas dan hasil.
ð Pengambil resiko.
ð Kepemimpinan.
ð Berorientasikan ke masa depan.
ð Jujur dan tekun.


Ø KARAKTERISTIK BERBISNIS:
ð Tanggungjawab.
ð Resiko.
ð Percaya.
ð Umpan Balik.
ð Prioritas ke Masa Depan.
ð Semangat Kerja.
ð Prestasi.

ð Ketrampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar