Sabtu, 29 Oktober 2016

PENGANTAR BISNIS ~ KARTIKA CATERING


PENGANTAR BISNIS


BISNIS CATERING KELUARGA



DISUSUN OLEH :

MUTIARA GUSTI PANGESTIKA

25216191











KARTIKA CATERING


            Pada bab ini saya akan membahas tentang bisnis yang dimiliki oleh keluarga yaitu Kartika Catering. Kartika catering adalah salah satu bisnis keluarga dalam bidang kuliner dan dekorasi pelaminan yang didirikan oleh tante bernama tante Ayu pada tahun 1992, namun saat ini bisnis tersebut diteruskan oleh anaknya yang bernama Shasya. Mereka memulai bisnis catering di Bogor dengan tujuan untuk meneruskan bakat dan hobi yang mereka punya dengan harapan akan sukses, berhasil dan memiliki banyak customer yang memakai jasa ini.
Dalam hal memulai usaha dalam bidang apapun terutama kuliner, tante harus mengetahui lebih dulu peluang pasar dan bagaimana menggaet customer. Yang kedua kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan bagaimana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari segi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapan mental dan keberanian memulai, hilangkan itu rasa malu, takut gagal, dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap mengambil resiko entah itu rugi maupun untung.
Awal mula didirikannya bisnis catering ini karena, tante hanya mencoba peluang yang ada dengan kemampuan memasak yang dimilikinya tapi lambat laun karena berita dari mulut ke mulut, akhirnya bisnis catering ini bisa maju dan sukses. Catering ini dipegang sendiri dan ditangani oleh chef sendiri yang sudah pasti chef yang berkualitas dengan mementingkan kualitas rasa. Catering ini dipromosikan langsung ke gedung-gedung di Bogor, koran dan majalah. Awalnya customer belom percaya dengan kualitas dekor dan rasa catering begitu pula beberapa gedung di Bogor tidak semua menerima brosur karena belum punya bendera atau nama sebab baru mendirikan catering tersebut, selain itu juga Kartika Catering sering mengikuti pameran disetiap event weeding expo di Bogor untuk mendekatkan kepada konsumen untuk mempromosikan catering ini.
Berawal dari usaha keluarga, dalam hal mengatur sumber daya manusia atau tenaga kerja yang terlibat atau yang tergabung dalam usaha catering ini berjumlah 6(enam) orang dengan menjunjung tinggi kejujuran, karena dengan jujur yang ada dalam diri karyawan akan membawa dampak baik terhadap Kartika catering ini. Untuk masing-masing pegawai dalam team 2 dan team 3 harus bisa multi skill atau rotasi pekerjaan dan masing-masing karyawan memiliki tanggung jawab berbeda-beda, yaitu :
-         Team pertama terdiri dari 2 orang yaitu fokus dalam hal memasak makanan (chef).
-         Team kedua terdiri dari 2 orang yaitu fokus dalam hal mengurusi peralatan memasak dan mecuci peralatan tersebut (piring, sendok, garpu, gelas, pisau, panci saji, kompor, tissue).
-         Team ketiga terdiri dari 2 orang yaitu fokus dalam hal mempersiapkan hasil masakan didalam gedung.

Dalam hal menjalin kekeluargaan antara pegawai dengan memilik catering, teh Shasya maupun tante Ayu menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan agar mereka betah atau tetap bertahan terhadap catering ini, dengan cara sebagai berikut :
-         Setahun sekali, kami melakukan kunjungan rekreasi baik didalam Kota Bogor maupun luar Kota Bogor serta mengajak seluruh keluarga inti dari karyawan.
-         Apabila karyawan atau dari keluarga karyawan mengalami kesusahan, kami membantu dalam hal keuangan.
-         Terhadap karyawan, tante Ayu dan teh Shasya harus ramah kepada karyawan, agar mereka tidak kaku, ikhlas dalam menjalankan tugas mereka dan terutama agar mereka betah tetap bekerja di Kartika catering ini.
-         Dalam hal upah, kami memberikan upah yang sesuai dengan UMR (upah minimum regional) masa kerja serta kualitas kinerja mereka.
-         Apabila kami dalam 1 bulan full banyak orderan dan hasilnya sesuai bahkan lebih dengan pendapatan hasil target kita, maka tante Ayu maupun teh Shasya akan memberikan bonus kepada para karyawan sebagai hasil kinerja mereka yang memuaskan.
-         Apabila karyawan kami melakukan kesalahan dalam pelayanan kepada pesanan customer, kita tidak langsung memecat karyawan tersebut, tetapi kita akan melakukan diskusi apa penyebab karyawan itu melakukan kesalahan.
-         Setelah disalah satu acara selesai, tante Ayu dan teh Shasya melakukan evaluasi agar, acara selanjutnya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. 

Seiring berkembangnya usaha bisnis akhir-akhir ini, kami memiliki rencana untuk menambah seorang karyawan atau tenaga kerja yang fokus dalam hal mempromosikan usaha catering ini dengan cara online serta yang ahli dalam menerima calon customer yang akan me request makanan daerah dan dekorasi pelaminan seperti apa.    
            Beberapa tahun belakangan ini, selain bisnis catering, tante dan teh Shasya menambahkan bisnis yang lain yaitu dekorasi pelaminan. Mulai dari sendok, piring, pemanas, meja, dekor pelaminan dan lain-lain sudah punya milik sendiri tidak sewa menyewa kepada orang lain. Meskipun kami meningkatkan pelayanan dari sisi peralatan, tetapi dalam soal harga kami memberikan dengan harga yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.
Mulai dari kain cover catering harus selalu update mengikuti zaman agar tidak kalah saing dengan membisnis catering dan dekor pelaminan yang lain. Adapun kami dalam mengembangkan bisnis yang kami lakukan saat ini menggunakan cara bisnis konvensional yaitu menyebarkan brosur tetapi banyak ditemukan hambatan (mencetak brosur, menyebarkan brosur) namun di era saat ini, kami menggunakan cara online agar lebih efesien dan lebih cepat diketahuai oleh lapisan masyarakat yang membutuhkan jasa catering. Berkat dengan cara online, bisnis catering ini sudah sampai ke gedung-gedung yang ada di Depok maupun Jakarta, teruma di Jakarta lebih sering mengadakan acara di Taman Mini Indonesia Indah. Kadang 1 bulan full banyak orderan tetapi kadang 1 bulan kosong tanpa adanya orderan. Dan itupun kami sudah siap dengan berbagai kondisinya seperti apa.
Selama bisnis ini berjalan, ada kalanya kita mengalami kendala yaitu saingan dimana-mana dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya, hal itu sempat membuat tante Ayu dan teh Shasya putus asa. Namun karena mereka ingat apa tujuan mereka mendirikan bisnis ini, akhirnya mereka terus berusaha meningkatkan pelayanan, kualitas serta memuaskan customer yang akan menggunakan jasa kami serta tidak berhenti melakukan promosi dengan cara online.
Disini saya akan menjelaskan beberapa keunggulan dari bisnis ini yaitu rasa yang tetap diutamakan dengan berbagai macam makanan tergantung customer memesan makanan dari daerah mana termasuk dekorasi pelaminan seperti apa. Intinya apapun pesanan customer, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer puas terhadap pelayanan kami dan mereka akan memakai jasa kami lagi.
Untuk soal pembayaran, kami ada 2 cara yaitu melakukan dp dahulu lalu setelah acara selesai dan customer puas, baru melakukan pelunasan pembayaran bisa dengan cara mentransfer ataupun cash.
Selain acara digedung, kami pun siap dengan pesanan customer yang akan melakukan pernikahan dirumah mereka ataupun dengan tema out door atau garden party yang pastinya tidak ada perbedaan kualitas maupun pelayanan dengan acara-acara digedung pada umumnya, sebab kami tidak ingin membeda-bedakan hal tersebut.
Dengan ini harapan kami, mulai dari bisnis keluarga, selanjutnya ingin mengembangkan sayap yaitu dengan membuka cabang diluar kota Bogor, dengan tekad tidak mengurai cita rasa, harga dan pelayanan yang sudah dikenal banyak customer.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar