PENGANTAR BISNIS
BISNIS CATERING KELUARGA
DISUSUN OLEH :
MUTIARA GUSTI PANGESTIKA
25216191
KARTIKA CATERING
Pada bab ini saya akan membahas
tentang bisnis yang dimiliki oleh keluarga yaitu Kartika Catering. Kartika
catering adalah salah satu bisnis keluarga dalam bidang kuliner dan dekorasi
pelaminan yang didirikan oleh tante bernama tante Ayu pada tahun 1992, namun
saat ini bisnis tersebut diteruskan oleh anaknya yang bernama Shasya. Mereka
memulai bisnis catering di Bogor dengan tujuan untuk meneruskan bakat dan hobi
yang mereka punya dengan harapan akan sukses, berhasil dan memiliki banyak customer
yang memakai jasa ini.
Dalam hal memulai usaha dalam bidang apapun terutama kuliner,
tante harus mengetahui lebih dulu peluang pasar dan bagaimana menggaet
customer. Yang kedua kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan
pesaing kita dan bagaimana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik
dari segi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapan mental
dan keberanian memulai, hilangkan itu rasa malu, takut gagal, dan perang batin
antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap mengambil resiko entah
itu rugi maupun untung.
Awal mula didirikannya bisnis catering ini karena, tante
hanya mencoba peluang yang ada dengan kemampuan memasak yang dimilikinya tapi
lambat laun karena berita dari mulut ke mulut, akhirnya bisnis catering ini
bisa maju dan sukses. Catering ini dipegang sendiri dan ditangani oleh chef
sendiri yang sudah pasti chef yang berkualitas dengan mementingkan kualitas
rasa. Catering ini dipromosikan langsung ke gedung-gedung di Bogor, koran dan
majalah. Awalnya customer belom percaya dengan kualitas dekor dan rasa catering
begitu pula beberapa gedung di Bogor tidak semua menerima brosur karena belum
punya bendera atau nama sebab baru mendirikan catering tersebut, selain itu juga
Kartika Catering sering mengikuti pameran disetiap event weeding expo di Bogor
untuk mendekatkan kepada konsumen untuk mempromosikan catering ini.
Berawal dari usaha keluarga, dalam hal mengatur sumber daya
manusia atau tenaga kerja yang terlibat atau yang tergabung dalam usaha
catering ini berjumlah 6(enam) orang dengan menjunjung tinggi kejujuran, karena
dengan jujur yang ada dalam diri karyawan akan membawa dampak baik terhadap
Kartika catering ini. Untuk masing-masing pegawai dalam team 2 dan team 3 harus
bisa multi skill atau rotasi pekerjaan dan masing-masing karyawan memiliki
tanggung jawab berbeda-beda, yaitu :
-
Team
pertama terdiri dari 2 orang yaitu fokus dalam hal memasak makanan (chef).
-
Team
kedua terdiri dari 2 orang yaitu fokus dalam hal mengurusi peralatan memasak
dan mecuci peralatan tersebut (piring, sendok, garpu, gelas, pisau, panci saji,
kompor, tissue).
-
Team
ketiga terdiri dari 2 orang yaitu fokus dalam hal mempersiapkan hasil masakan
didalam gedung.
Dalam hal menjalin kekeluargaan antara pegawai dengan memilik
catering, teh Shasya maupun tante Ayu menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan
agar mereka betah atau tetap bertahan terhadap catering ini, dengan cara
sebagai berikut :
-
Setahun
sekali, kami melakukan kunjungan rekreasi baik didalam Kota Bogor maupun luar
Kota Bogor serta mengajak seluruh keluarga inti dari karyawan.
-
Apabila
karyawan atau dari keluarga karyawan mengalami kesusahan, kami membantu dalam
hal keuangan.
-
Terhadap
karyawan, tante Ayu dan teh Shasya harus ramah kepada karyawan, agar mereka
tidak kaku, ikhlas dalam menjalankan tugas mereka dan terutama agar mereka
betah tetap bekerja di Kartika catering ini.
-
Dalam
hal upah, kami memberikan upah yang sesuai dengan UMR (upah minimum regional)
masa kerja serta kualitas kinerja mereka.
-
Apabila
kami dalam 1 bulan full banyak orderan dan hasilnya sesuai bahkan lebih dengan pendapatan
hasil target kita, maka tante Ayu maupun teh Shasya akan memberikan bonus
kepada para karyawan sebagai hasil kinerja mereka yang memuaskan.
-
Apabila
karyawan kami melakukan kesalahan dalam pelayanan kepada pesanan customer, kita
tidak langsung memecat karyawan tersebut, tetapi kita akan melakukan diskusi
apa penyebab karyawan itu melakukan kesalahan.
-
Setelah
disalah satu acara selesai, tante Ayu dan teh Shasya melakukan evaluasi agar,
acara selanjutnya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
Seiring berkembangnya usaha bisnis akhir-akhir ini, kami
memiliki rencana untuk menambah seorang karyawan atau tenaga kerja yang fokus
dalam hal mempromosikan usaha catering ini dengan cara online serta yang ahli
dalam menerima calon customer yang akan me request makanan daerah dan dekorasi
pelaminan seperti apa.
Beberapa tahun belakangan ini, selain
bisnis catering, tante dan teh Shasya menambahkan bisnis yang lain yaitu
dekorasi pelaminan. Mulai dari sendok, piring, pemanas, meja, dekor pelaminan
dan lain-lain sudah punya milik sendiri tidak sewa menyewa kepada orang lain. Meskipun
kami meningkatkan pelayanan dari sisi peralatan, tetapi dalam soal harga kami
memberikan dengan harga yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.
Mulai dari kain cover catering harus selalu update mengikuti
zaman agar tidak kalah saing dengan membisnis catering dan dekor pelaminan yang
lain. Adapun kami dalam mengembangkan bisnis yang kami lakukan saat ini
menggunakan cara bisnis konvensional yaitu menyebarkan brosur tetapi banyak
ditemukan hambatan (mencetak brosur, menyebarkan brosur) namun di era saat ini,
kami menggunakan cara online agar lebih efesien dan lebih cepat diketahuai oleh
lapisan masyarakat yang membutuhkan jasa catering. Berkat dengan cara online,
bisnis catering ini sudah sampai ke gedung-gedung yang ada di Depok maupun
Jakarta, teruma di Jakarta lebih sering mengadakan acara di Taman Mini Indonesia
Indah. Kadang 1 bulan full banyak orderan tetapi kadang 1 bulan kosong tanpa
adanya orderan. Dan itupun kami sudah siap dengan berbagai kondisinya seperti
apa.
Selama bisnis ini berjalan, ada kalanya kita mengalami
kendala yaitu saingan dimana-mana dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya,
hal itu sempat membuat tante Ayu dan teh Shasya putus asa. Namun karena mereka
ingat apa tujuan mereka mendirikan bisnis ini, akhirnya mereka terus berusaha
meningkatkan pelayanan, kualitas serta memuaskan customer yang akan menggunakan
jasa kami serta tidak berhenti melakukan promosi dengan cara online.
Disini saya akan menjelaskan beberapa keunggulan dari bisnis
ini yaitu rasa yang tetap diutamakan dengan berbagai macam makanan tergantung
customer memesan makanan dari daerah mana termasuk dekorasi pelaminan seperti
apa. Intinya apapun pesanan customer, kami akan memberikan pelayanan yang
terbaik agar customer puas terhadap pelayanan kami dan mereka akan memakai jasa
kami lagi.
Untuk soal pembayaran, kami ada 2 cara yaitu melakukan dp
dahulu lalu setelah acara selesai dan customer puas, baru melakukan pelunasan
pembayaran bisa dengan cara mentransfer ataupun cash.
Selain acara digedung, kami pun siap dengan pesanan customer
yang akan melakukan pernikahan dirumah mereka ataupun dengan tema out door atau
garden party yang pastinya tidak ada perbedaan kualitas maupun pelayanan dengan
acara-acara digedung pada umumnya, sebab kami tidak ingin membeda-bedakan hal
tersebut.
Dengan ini harapan kami, mulai dari bisnis keluarga, selanjutnya
ingin mengembangkan sayap yaitu dengan membuka cabang diluar kota Bogor, dengan
tekad tidak mengurai cita rasa, harga dan pelayanan yang sudah dikenal banyak
customer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar